Cara Membuat SKCK Baru Bagi Perantau

Perantau atau orang yang tinggal di daerah yang tidak sesuai dengan alamat di KTP kadang sulit juga apabila diminta untuk mengurus suatu berkas. Apalagi jika kampung halamannya jauh, memerlukan waktu lama atau biaya perjalanan pulang pergi yang tidak sedikit menjadi kendala yang dihadapi dalam "keharusan" membuat berkas, seperti membuat SKCK dari kepolisian.

Aku yang tinggal di Bandung hampir 4 tahun karena kuliah, suatu hari dapet panggilan interview dari suatu perusahaan dan salah satu persyaratan yang harus dibawa adalah SKCK, sedangkan aku belum pernah sama sekali membuat SKCK. FYI, kampung halamanku di Kabupaten Kuningan. Ya kalau dari Bandung cukup jauh ya 6 jam naik damri atau 3 jam naik kereta tapi turun di Stasiun Cirebon karena Kuningan tidak punya stasiun kereta api. Gimana kalang kabutnya aku, seneng dapet panggilan kerja tapi pusing karena salah satu syaratnya tidak ada. (Fyi lagi, panggilan kerja hari Jumat sore, bisa dibayangin pusingnya karena besok weekend sedangkan interviewnya Selasa)

Langsung aja aku ceritain pengalaman bikin SKCK di Bandung dengan KTP Kabupaten Kuningan"
1. Minta surat pengantar setingkat kelurahan dan sebagai bukti juga kita berdomisili di Kelurahan tersebut.
Caranya:
a. Pergi ke Kelurahan mau minta surat domisili buat bikin SKCK
b. Sama kelurahan bakal dikasih form pernyataan buat yang punya rumah tempat kita tinggal kalau KITA benar tinggal di rumah tersebut. Ini surat pernyataan yang harus diisi oleh yang punya rumah
c. Minta tanda tangan yang punya rumah di atas materai 6000 + bawa FC Kartu Keluarga dan FC KTP yang punya rumah
d. Minta tanda tangan Ketua RT setempat
e. Minta tanda tangan Ketua RW setempat
f. Kasih lembarnya ke Kelurahan, nanti keluar deh surat pengantar pembuatan SKCK dari Keluarahan yang kasih tau kalau kita bukan dari daerah situ tapi tinggal di situ.

Okay, untuk lebih lengkap ini persyaratan yang harus dibawa sewaktu mau bikin SKCK BARU:

untuk yang merantau ditambah ya syaratnya pakai surat pengantar dari Kelurahan
(NOTE: para perantau bikin SKCKnya di POLRESTABES/POLRES. kenapa? Karena SKCK Baru harus melakukan cap 10 jari)

Nah, langkah pertama sebelum serahin berkas persyaratan di atas harus ke bagian sidik jari
Syaratnya:
1. Bawa pas foto ukuran 3x4 2 lembar
2. Persyaratan pada gambar di atas

Untuk jadwal layanan pembuatan SKCK khususnya di POLRESTABES Bandung hari Sabtu juga buka.
Pendaftaran dari pukul 08.00-12.00
Pengambilan dari pukul 08.00-15.00
(Sorry aku lupa, aku ga foto jadwalnya soalnya ga tau ada di atas, ga keliatan harus nenggak. kenapa persyaratan difoto? karena kata di bapaknya foto aja persyaratannya biar ga lupa)

Segitu pengalaman aku bikin SKCK di Bandung dengan KTP Kuninga. Semoga membantu.

Komentar

  1. Kirain udah ada aplikasi kak? Gak bisa melalui itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak segampang itu .... jagan mau di bohongin.. .. 100% gak bakalan jebol

      Hapus
    2. kalo itu kurang tahu sih, soalnya kan harus minta surat domisili aja dari RT sampe kelurahan/desa, terus harus daftarin sidik jari, dsb.

      Hapus
  2. Tampa akte bisa emang nya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau harus apa engganya sekarang atau di daerah mana. Soalnya waktu mei 2018 di kota Bandung sih aku ga diminta, cuma surat domisili aja sampe tingkat kelurahan

      Hapus
  3. Aku ga bisa ka :( malah disuruh buat di daerah asal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana itu? Alasannya apa katanya? Bawa surat domisili ngga?

      Hapus
  4. Aku ga bisa ka :( malah disuruh buat di daerah asal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang alasannya apa kak? apa berkasnya kk blm lengkap?
      aku juga padahal mau bikin SKCK juga di Yogya dan KTP ku Palembang.

      Hapus
  5. Kak itu berarti surat pengantarnya jiga dari daerah asal, atau daerah yang sedang ditempati sekarang?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer