Cara Menggunakan Layanan Mesin CTM

I'm baaaacccck, setelah sekian lama akhirnya bisa ngelawan rasa males jugaa. mau kasih info nih cara pakai mesin CTM. simak yoooo :D

Mesin CTM adalah singkatan dari Cetak Tiket Mandiri. Mesin ini digunakan jika kalian membeli tiket bukan dari loket langsung di stasiun, misalnya membeli dari minimarket, via internet, dll.

Catatan, kalau kalian tidak menemukan boarding pass yang aku maksud berarti stasiun yang kalian datangi belum menerapkan sistem check-in dan boarding.

Naah, pengalaman pertama aku nih pake mesin CTM. caranya gampang kok
Pertama, kalian tinggal datangi mesin CTM
(kalau di stasiun Bandung, namanya Check-In Counter. Kenapa Check-In Counter karena stasiun Bandung adalah stasiun yang dijadikan uji coba menggunakan sistem check-in dan boarding)
Kedua, Klik di kolom kode booking. lalu isi sesuai dengan kode booking/kode pembayaran yang tertera di receipt.

Ketiga, lalu klik search/cari
Keempat, jika sudah benar akan muncul informasi tiket yang sudah dipesan, meliputi: nama penumpang, nomor identitas, nama kereta api, tanggal pemberangkatan, dll.
Kelima, jika yang tertera di layar adalah tiket yang dimaksud, kalian tinggal pilih Cetak/print
Kelima, tiket/boarding pass sudah bisa diambil dari mesin cetak.

Mesin ini dapat digunakan 12 jam sebelum keberangkatan. Jadi, kalau jadwal kereta kalian besok pukul 10.00 berarti kalian baru bisa mencetak boarding pass pukul 22.00 sehari sebelumnya.
Jangan kaya aku, karena pertama kali reservasi di mini market cari di internet cara cetak tiket eh dapet informasi yang katanya "Harus dicetak satu jam sebelum kereta berangkat, kalau tidak tiket akan hangus"
Aku yang orangnya panikan, maksa pacar anter ke stasiun buat cetak boarding pass dan taraaaaa akhirnya kita nunggu selama 1,5 jam sampe jam 10 malem biar aku bisa cetak boarding pass (daripada pulang mending nunggu, soalnya tadi minta anternya maksa. akhirnya dia manyun mulu sampe anterin aku pulang. maaf  T_T)

Plis blogger, jangan kasih informasi yang menyesatkan malah merusak hubungan orang kaaan :(
Padahal cetak tiket (atau boarding pass jika stasiunnya sudah menggunakan sistem baru ini) bisa 2 menit sebelum kereta berangkat (tapi parahlah kalau ada yang 2 menit lagi kereta berangkat tp belum cetak tiket/boarding pass -_-)
Biar ga ketinggalan minimal 15 menit sebelum kereta berangkat kalian udah stay di stasiun laaaah ya.

jangan kaget ya kalo di stasiun Bandung, kalau beli dari eksternal ketika kalian print yang keluar itu langsung boarding pass bukan tiket yang biru itu.
Kalau kalian punya tiket yang biru, harus check in dulu buat dapat boarding pass yang gambarnya ada di bawah (maaf gambarnya ga jelas wkwk)


Kalau kalian pakai tiket (yang biru) untuk check in tinggal masukan kode yang ada di atas QR code di tiket kalian. Caranya sama seperti di atas, bedanya kode bookingnya lihat dari tiket.
Boarding pass ini yang bisa membawa kalian lolos di boarding gate termasuk jika id card yang cocok dengan yang tertera di boarding pass.

Udah sih, itu pengalaman pertama cetak tiket hehe. Maaf gada dokumentasi, emang awalnya ga niat buat share :(
Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer